logo blog

Selamat Datang Di Blog Sehat dan Cantik
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Sehat dan Cantik ini,
semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Diet Cara Muay Thai Boxing

Sensasi gerakan memukul, meninju, dan menendang hingga tercipta bunyi dentuman yang keras, merupakan kunci dari olah raga Muay Thai Kick Boxing yang sangat menguras tenaga serta keringat. Muay Thai Kick Boxing sangat tepat untuk wanita yang sedang ingin menurunkan berat badan. Latihan ini terbilang sangat berat. Jadi, kalau mengikuti seluruh tahapan secara rutin, dalam satu bulan berat badan bisa turun hingga 10 kilogram.

Penurunan yang cenderung signifikan tersebut disebabkan latihan Muay Thai Kick Boxing memiliki rangkaian tahapan yang mujarab untuk membakar lemak. Pada awal latihan, setiap peserta diwajibkan melakukan pemanasan yang terdiri dari skipping, stretching, jogging, shadow boxing (gerakan tinju menghadap cermin), sit up, dan kick padding (latihan menendang).

Kemudian, latihan memasuki sesi latihan teknik yang mencakup padding one on one dengan pelatih, selama 3 menit / set dilakukan sebanyak tiga kali. Lalu, berlanjut melakukan drill, latihan refleks yang dilakukan sesama member selama tiga menit per set. Terakhir, latihan ditutup dengan sesi pendinginan, melakukan perenggangan untuk melemaskan otot-otot yang telah bekerja selama latihan.

Selain untuk menurunkan berat badan, latihan Muay Thai terbukti dapat mengencangkan otot-otot. Tujuannya, tentu saja, untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sebab, pukulan dan tendangan pada latihan ini, merupakan variasi gerakan yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan sekaligus program perampingan. Satu kali latihan bisa membakar 1200 kalori.

Gerakan Muay Thai untuk Diet
Beberapa gerakan dasar olah raga ini dapat diaplikasikan di rumah. Gerakan ini bisa dilakukan sendirian (jika tidak ada pasangan) untuk melakukannya. Gerakan ini yaitu:

Jab & Cross Jab
Jab adalah ketika posisi kaki yang di depan sama dengan tangan yang melakukan pukulan, misalnya kuda-kuda dengan kaki kiri di depan dan tangan kiri yang memukul. Sementara cross jab adalah ketika posisi tangan dan kaki yang berada di depan tidak sama. Caranya, buka kaki selebar bahu, posisikan kaki kiri di depan. Buat pukulan bertenaga oleh tangan kiri. Setelah delapan kali pukulan, lakukan cross jab. Lakukan dengan posisi kaki kiri tetap di depan dan gunakan tangan kanan untuk melakukan pukulan sebanyak delapan kali. Lalu posisikan kaki kanan di depan dan lakukan jab serta cross jab masing-masing sebanyak delapan kali.

Uppercut
Uppercut adalah pukulan yang diayun dari bawah menuju atas. Perbaiki kuda-kuda, lalu kepalkan tangan dan ayunkan dari pinggi pinggang hingga sejajar dengan leher sebanyak delapan kali. Lakukan secara bergantian antara tangan dan kiri.

Hook
Masih dalam kuda-kuda yang sama, ambil pukulan dari arah luar samping. Ayunkan tangan dengan penuh tenaga dari arah belakang baru hingga sejajar dengan dada sebanyak delapan kali, lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Side Elbow
Gerakan ini akan mengikutertakan otot lengan, pinggang dan bahu. Maka lakukan posisi tangan menyiku, putar tangan dari arah bahu ke depan. Hentakkan tangan di akhir gerakan agar otot bekerja dengan maksimal.

Uppercut Elbow
Sama halnya dengan side elbow, gerakan ini mengikutertakan otot lengan, pinggang dan bahu, namun ditambah dengan bagian dada. Kepalkan tangan lalu ayun dari arah pinggang ke bahu dengan posisi siku mengarah ke depan. Lakukan berganti antara tangan kanan dan kiri.

Knee Kick
Tendangan lutut ini melatih otot pinggul, paha serta betis. Ambil posisi kuda-kuda dengan kaki kiri di depan, lalu lakukan tendangan menyiku dengan kaki kanan. Tahan beberapa saat, lalu lakukan dengan posisi sebaliknya, masing-masing delapan kali.

Kick
Posisikan kuda-kuda dengan kaki kanan di depan. Putar pinggul sedikit ke arah kiri dan lakukan tendangan hingga kaki lurus. Jika menggunakan target, arahkan target di bagian tulang kering karena tenaga di bagian ini justru lebih besar dan kuat. Kemudian lakukan dengan posisi sebaliknya, masing-masing delapan kali.

Untuk tempat latihan Muay Thai bisa browsing di internet.

Sumber: Tribun Jogja

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

manteb banget lengkap gan nice infonya

http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/alasan-toyota-kembangkan-toyota-fcv/

Balas

Copyright © 2015. Sehat dan Cantik itu Mudah dan Murah - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger